Download Soal dan Pembahasan UM-PTKIN 2020, 2021,dan 2022

Download Soal dan Pembahasan UM-PTKIN 2020, 2021,dan 2022
Beriku ini file Download Soal dan Pembahasan UM-PTKIN 2020, 2021,2022, dan 2023 yang bisa anda pelajari sebelum tes keperguruan tinggi yang kamu tuju.

Pendaftaran UM PTKIN 2023 hanya tersedia secara online di website https://um.ptkin.ac.id dan akan dibuka hingga tanggal 15 Mei 2023 secara serentak oleh perguruan tinggi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Seleksi UM PTKIN 2023 akan dilakukan melalui ujian tertulis berbasis Sistem Seleksi Elektronik (SSE) yang diselenggarakan secara serentak di seluruh perguruan tinggi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Biaya pendaftaran UM-PTKIN adalah sebesar Rp.200.000 dan harus dibayar melalui bank yang ditentukan oleh panitia pusat.

Cara Daftar UM-PTKIN 

Berikut adalah cara pendaftaran UM PTKIN 2023:

Kunjungi laman https://um.ptkin.ac.id dan klik Login/Daftar UMPTKIN.

Isi biodata secara lengkap secara online hingga menerima invoice.

Simpan slip/bukti pembayaran.

Login kembali ke laman https://um.ptkin.ac.id.

Lakukan proses pendaftaran hingga mencetak kartu peserta ujian.

Apa Saja Jenis Soal UMPTKIN ?

UM-PTKIN merupakan ujian seleksi yang digunakan untuk menilai kemampuan calon mahasiswa dalam berbagai aspek, seperti Penalaran Akademik, Penalaran Matematika, Literasi Membaca, dan Literasi Ajaran Islam. Materi yang diujikan dalam UM-PTKIN 2023 dijelaskan secara rinci di situs resmi um.ptkin.ac.id.

Penalaran Akademik menguji kemampuan calon mahasiswa dalam berpikir sistematis dan menerapkan konsep hitungan, logika angka, simbol numerical, serta ketrampilan bahasa berdasarkan struktur dan aturan bahasa baik dalam kata, kalimat, maupun narasi.

Penalaran Gambar digunakan untuk menguji kemampuan calon mahasiswa dalam menvisualisasikan dan memahami objek atau simbol secara abstrak, sementara Penalaran Verbal menguji kemampuan dalam pemahaman berbahasa secara tertulis.

Konteks dalam tes penalaran "gambar" bersifat umum, sedangkan konteks dalam penalaran "verbal" dikaitkan dengan aspek-aspek dalam kehidupan sehari-hari yang meliputi masalah keindonesiaan, keislaman, sains dan teknologi, Pendidikan, Kesehatan, ekonomi dan bisnis, dan seni budaya dan olah raga.

Penalaran Matematika menguji kemampuan calon mahasiswa dalam memahami dan menganalisis isi bacaan sederhana dengan menggunakan penalarannya untuk memecahkan permasalahan kehidupan sehari-hari melalui penerapan konsep, prosedur dan fakta dalam matematika.

Literasi Membaca menguji kemampuan calon mahasiswa dalam memahami dan merefleksikan berbagai jenis teks Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam konteks sosio humaniora dan konteks sains serta jenis teks Bahasa Arab untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu yang moderat dan unggul sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif dan proporsional.

Sedangkan Literasi Ajaran Islam menguji kemampuan calon mahasiswa dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis materi ajaran Islam meliputi Al-Quran, Hadis, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam dalam konteks personal, masyarakat, global, dan moderasi untuk mewujudkan masyarakat madani.

Kemampuan ini sangat penting untuk menanamkan kepribadian yang baik dan memperkuat iman serta mengaplikasikan ajaran Islam dalam kehidupan individu sehari-hari maupun dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.

Download Soal dan Pembahasan UM-PTKIN

Berikut ini link download soal dan pembahsan UM-PTKIN yang bisa kalian jadikan acuan dalam persiapan seblum tes;

Download Soal dan Pembahasan UM-PTKIN 2020, Klik Disini.

Download Soal dan Pembahasan UM-PTKIN 2021, Klik Disini.

Download Soal dan Pembahasan UM-PTKIN 2022, Klik Disini.

Nah itulah pembahsan mengenai soal dan pembhasan 3 tahun terakhir UM-PTKIN, semoga bermanfaat dan diterima di universitas serta jurusan yang kamu minati.

advertise

Slider Parnert

Subscribe Text

Offered for construction industries